Pameran sebagai Alat Promosi

            Pameran secara komunikologis yaitu dapat menyebarkan; suatu pesan . informatif , persuasif; dan sebagai sarana komunikasi yang membuat publik tetap menjadi ingat dan mengerti tentang apa yang ingin ditampilkan pada suatu pameran tersebut. Menurut Jack Dove , pakar audio visual aids (AVA) mengatakan : Knowledge is absorted throught the five sense assessed in the following proportions.

Pengetahuan tersebut dapat diserap melalui panca indra manusia , yaitu penilaian menurut urutan proporsi indra sebagai berikut :
1. Menggunakan mata ( sight ) 70%
2. Pendengaran ( hearing ) 13 %
3. Sentuhan ( touch ) 6%
4. Penciuman ( smell ) 3%
5. Cita rasa ( taste ) 3 %

Artinya hampir semua pengetahuan tersebut atau 90 %dapat diserap panca indera manusia ketika yang bersangkutan hadir, menyaksikan dan memperhatikan pada suatu pameran berlangsung.

1. Pengertisn Pameran Yang dimaksud dengan pameran adalah kegiatan yang menunjukan sesuatu kepada orang banyak mengenai kelebihan dan keunggulan yang memiliki sesuatu tersebut .
Secara umum, sebenarnya pameran merupakan suatu media promosi dan iklan yang bertujuan memperkenalkan suatu produksi atau jasa kepada masyarakat dengan harapan mereka tertarik dan kemudian membelinya. Teknik menarik perhatian pub lik tersebut dilaksanakan melalui ; double AA

Procedure , yaitu form attention to action.
Efektifitas pameran adalah pada sarana komunikasi itu. Publik dapat menyaksikan peragaan proses produksi barang atau benda tertentu. Mereka juga dapat bertanya sepuas hati bahkan mungkin mencobanya. Karena efektifnya pameran itulah maka banyak perusahaan yang secara periodik menyelenggarakan pameran dalam rangka mempromosikan jasa/produknya.


2. Klasifikasi pameran


Berdasarkan jenisnya

     a. Pameran barang Yang dipertunjukan adalah benda – benda yang umumnyaberbentuk asli misalnya mobil, lukisan dan lain – lain. Maksud diadakan pameran barang adalah untuk memperkenalkan berbagai macam produk kepada publik sehingga mereka menjadi tahu dan termotifasi untuk membeli.
     b. Pameran kegiatan/ jasa Pada pameran kegiatan memang terdapat berbagai benda , tetapi yang ingin dipamerkan bukanlah bendanya melainkan prosesnya. Walaupun demikian adakalanya pameran ini dimanfaatkan untuk mempromosikan produk yang dihasilkan. Berdasarkan sifatnya

                           a. Pameran khusus Pameran ini diselenggarakan secara mandiri oleh organisai tertentu misalnya persatuan penggemar perangko , pelukis dan sebagainya
                           b. Pameran bersama Untuk menghemat biaya, beberapa organisasi dalam bidang yang sama atau dengan tujuan yang sama mengadakan pameran bersama misalnya pameran pembangunan atau Jakarta Fair dan Bazar.
                           c. Pameran Umum Pameran umum adalah sama dengan pameran bersama yang diikiuti oleh siapa saja dan jenis barang apa saja misalnya pekan raya.
Berdasarkan Frekuensinya
                           a. Pameran Berkala Pameran ini diadakan secara berkala ; setiap bulan, setiap triwulan , setiap tahun.
                           b. Pameran Insidential Pameran ini diselenggarakan secara insidential apabila dianggap perlu atau ada kesempatan, tidak diadakan secara tetap misalnya ketika ada pameran umum.


 Berdasarkan Lingkup Geografis

    a. Pameran Lokal Pameran lokal biasanya diadakan di sebuah kota untuk menginformasikan kegiatan organisasi atau hasil produksi perusahaan setempat.

   b. Pameran Nasional Yang disajikan pada pameran nasional adalah kegiatan lembaga – lembaga bertarah nasiaonal atau produksi dalam negeri yang lingkup pemasarannyaseluas wilayah negara.
   c. Pameran Internasional
Pameran Internasional diikiuti oleh negara – negara diseluruh dunia yang memamerkan hasil produksi maupun kegiatannya dari negara bersangkutan.



3. Perencanaan Menyelenggarakan Pameran Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pameran yang berlakuuntuk semua kegiatan pameran kehumasan, yaitu sebagai berikut.
   
    a. Menentukan Tema Tema harus sudah ditentukan pada saat mempunyai ide untuk mengadakan pameran, karena menyangkut banyak perlengkapan yang harus diadakan, yang tidak sama untuk setiap tema suatu pameran.

   b. Mengadakan Penelaahan Yang perlu ditelaah sebelum mengadakan pameran antara lain adalah ; - Tempat - Fasilitas - Situasi - Dan penunjang atau sphonsorship

  c. Menentukan Kontraktor Dalam kecil bertaraf lokal tidak diperlukan pemborongg karena persiapannya dapat dilakukan oleh bagian humas, lain halnya dengan bertaraf nasional dan internasional

  d. Menetapkan Jenis Barang Yang perlu diperhatikan dalam pameran adalah jenis barangyang akan dipamerkan harus disesuaikan dengan tema, acara dan ukuran ruang pameran.

  e. Menentukan Personel Peran personel yang dilibatkan dalam pameran turut mementukan berhasil tidaknya kegiatan tersebut karena ia adalah juru penerang atau promosi yang melengkapi keberhasilan.

  f. Mempersiapkan Bahan Berupa Tulisan Bahan yang bersifat tulisan dapat memantapkan kegiatan pameran karena berisikan keterangan pameran karena berisikan keterangan mengenai sebuah benda atau jasa yang dipamerkan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pameran sebagai Alat Promosi "