Manajemen Komunikasi

Public relations activity is management of communications between an organization and its publics. ( Aktivitas publict relations merupakan manajemen komunikasi antara organisasi dan publiknya) Artinya aktivitas humas, salah satunya adalah melakukan fungsi – fungsi manajemen komunikasi antara organisasi/lembaga yang diwakilinya dengan publik sebagai khalayak sasarannya. Khususnya dalam usaha untuk mencapai citra positf, menciptakan kepercayaan, dan membina hubungan baik dengan stake holder atau audiencenya, dengan kata lain membangun identitas dan citra korporat ( building corporate identity and image).

Manajemen komunikasi yang dilaksanakan dalam suatu aktivitas public relations, dengan methode of communication and state of being ( kelembagaan ) , yakni yang berkaitan erat dengan berbagai kegiatan utamanya : human relations, komunikasi manajemen, dan komunikasi bisnis. Penjelasannya sebagai berikut.

Human Relations Definisi hubungan antara manusia ( human relations)dalam praktik manajemen dapat di lihat dalam arti luas dan pengertian yang lebih sempit. 

1. Human relations dalam arti luas , ialah interaksi antara seseorang dengan orang atau kelompok lain , yang menyangkut hubungan manusiawi , etika/moral , aktivitas sehari – hari pada umumnyabertujuan untuk memperoleh kepuasan bagi kedua belah pihak . Yaitu hal ini lebih menyangkut aspek komunikasi sosial kemasyarakatan yang berlandaskan etika dan moral dalam berinteraksi sesamanya. 

2. Kemudian human relations dalam arti sempit yaitu terjadinyasuatu interaksi antara seseorang dan orang /kelompok lainnya .Hanya saja interaksi yang terjadi disini berada dalam pengertian yang sempit , misalnya situasi dalam hubungan pekerjaan dan organisasi kekaryaan ( work organization ). Sedangkan tujuannya adalah untuk penggiatan , dan memotivasi semangat pekerja ( etos kerja ) dalam melaksanakan suatu pekerjaan , untuk menciptakan kepuasan bekerja , sense of belonging (rasa memiliki ) yang kaitannya dengan peningkatan produktifitas perusahaan .

Jadi Human relations dalam organisasi kekayaan adalah interaksi antara orang – orang yang berada dalam struktur formal yang disusun secara fungsional untuk mencapai suatu tujuan lembaga atau perusahaan . Human relations dalam organisasi yang diteliti oleh Keith Davis , dalam bukunya Human Relations at Work , (1962) : merupakan pengembangan usaha kelompok / pekerja secara produktif dan memuaskan ( human relations is the development of productive , and satisfying group effort).

Human relations dalam aktifitas manajemen organisasi / lembaga adalah menciptakan suatu kerja sama antar karyawan dalam satu tim kerja , meningkatkan produktivitas dan memperoleh kepuasaan dalam bekerja . Dalam human relations tersebut kuncinya adalah bagaimana metode dalam berkomunikasi tersebut mampu menimbulkan motivasi yang berkaitan dengan : kooperatif , kedisiplinan , etos kerja, produktivitas dan kepuasan bagi kedua belah pihak ( antara perusahaan dan pekerja ).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Komunikasi"

Post a Comment