Karakteristik Manajer

            Karakteristik jabatan manajer pada umumnya yang harus memiliki tolak ukuran tertentu dalam menjalankan peranannya sebagai pimpinan, yaitu: Pada umumnya karakteristik manajer yang menjadi tolak ukur kredibilitas manajer dalam memimpin adalah sebagai berikut .

1. Manajer mampu bekerja dibawah tekanan terus menerus dalam berbagai tantangan situasi atau kondisi tugas dan tanggung jawab , serta kemungkinan resiko tertentu yang mungkin dihadapinya.

2. Lebih banyak menggunakan komunikasi bahasa lisan sebagai media penyimpanan pesan dan informasi sehingga terdapat arus instruksi dari atas ke bawah ( top and down), atau dari bawah ke atas ( bottom up ) demi terpeliharanya saling saling pengertian dan kepercayaan bagi kedua belah pihak dalam menjalankan fungsinya masing masing.

3. Memberikan motivasi, menumbuhkan inspirasi,semangat dan dorongan kepada pihak lain untuk bertindak sesuai dengan apa yang direncanakan ( pre determine objective )
4. Menyeleksi dan mengembangkan bawahannya melalui sistem pelatihan dan pendidikan yang terarah dan terencana serta rasional.

5. Dalam praktiknya, sisi seni dalam manajemen lebih menonjol daripada sisi ilmiahnya, namun tetap memperhatikan segi profesionalisme dalam melaksanakan fungsi dan peranannya masing – masing , baik bawahan maupun atasan.

          Hal ini sangat di tentukan oleh kemampuan pemimpin dalam berkomunikasi , memotivasi, memacu, menggugah agar orang lain mau bekerja sesuai dengan rencana yang telah digariskan, dengan harapan timbulnya semangat bawahan untuk meningkatkan kinerja mereka.

         Ada suatu ungkapan, sebuah organisasi itu tak ubahnya seperti makhluk sosial yang hidupnya tergantung pada rasa saling percaya , dan keintiman antara anggotanya. Begitu pula dengan pimpinan dan bawahan dalam organisasi, mereka harus memiliki komitmen yang penuh terhadap kemajuan dan citra perusahaan . Sebagai contoh ekspresi komitmen pimpinan dalam menghargai suatu keberhasilan yang telah dicapai oleh anah buahnya itu adalah tepukan bahu , kata - kata pujian , pemberian piagam, imbalan materi hingga promosi ke posisi jabatan / pangkat yang lebih tinggi . K ebiasaan- kebiasaan tersebut tampak sepele, namun jika diterapkan secara serius dan periodik akan membangkitkan komitmen total pra anggotanya untuk memotivasi dan memacu prestasinya masing – masing demi kemajuan bersama. 

         Dalam budaya jawa, dikenal dengan falsafah gaya atau karakteristik kepemimpinan suatu lembaga / institusi yang berbunyi ing ngarso sung tulodo ( pemimpin yang berada di depan memberikan contoh dan suri tuladan ) ing madyo mangun karso ( bila pemimpin berada ditengah – tengah , maka ia akan memberikan motivasi atau semangat kepada yang dipimpinnya ), tut wuri handanyani ( sedangkan pimpinan yang berada dibelakang dapat mendorong dan memacu sumber daya potensi yang ada agar lebih maju dan terampil 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Manajer"

Post a Comment